Memperhatikan Kesehatan Vagina


Vagina adalah bagian penting dari tubuh wanita - jika kita membayar begitu banyak perhatian untuk wajah, kedua tangan dan kaki, mengapa kita tidak melakukan hal yang sama untuk vagina?

SEBAGAI dokter kandungan dan ginekolog, saya merasa sedih bahwa perempuan Malaysia banyak memperhatikan kecil seperti kesehatan vagina mereka.

Bahkan, sangat sedikit perempuan yang akrab dengan kondisi vagina mereka, atau bahkan merasa nyaman berbicara tentang hal itu. Hal ini bisa jadi sebagian besar disebabkan oleh tabu budaya kita tentang seks dan kesehatan seksual.

Perempuan seharusnya tidak membiarkan pemikiran usang tersebut menghalangi mereka menyadari kesehatan vagina mereka. Vagina adalah bagian penting dari tubuh wanita - jika kita membayar begitu banyak perhatian untuk wajah, kedua tangan dan kaki, mengapa kita tidak melakukan hal yang sama untuk vagina?

Langkah pertama menuju kesehatan vagina yang baik adalah mengetahui apa yang normal untuk vagina Anda dan apa yang tidak. Pada artikel ini, Anda dapat mempelajari tentang tanda-tanda dan gejala dari masalah vagina umum, serta apa yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat.

Mengenal vagina

Vagina adalah lorong yang menghubungkan alat kelamin eksternal wanita Anda ke rahim Anda. Hal ini sebenarnya sebuah kanal otot sempit yang memanjang dari vulva (bagian luar area genital) pada serviks (leher rahim).

Vagina memiliki beberapa fungsi reproduksi seksual. Ini menerima penis selama hubungan seksual, dan berfungsi sebagai jalan lahir melalui mana bayi melewati saat melahirkan.

Itu juga merupakan lorong di mana darah menstruasi mengalir dari rahim keluar dari tubuh.

Vagina terbuat dari otot, dengan lapisan, lembut fleksibel di dinding untuk memberikan pelumasan dan sensasi.

Ketika sesuatu yang tidak beres dengan vagina - apakah karena infeksi, pertumbuhan atau lemah otot dasar panggul - dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan dan kesejahteraan.

Tanpa diragukan lagi, masalah vagina terutama akan mempengaruhi kesuburan Anda, keinginan untuk seks dan kemampuan untuk mencapai orgasme. Tetapi jika masalah ini terus berlanjut tanpa diobati, mereka juga dapat memiliki dampak negatif pada bidang lain kehidupan Anda, seperti hubungan Anda, setiap hari kesejahteraan dan kepercayaan diri.

Anda harus menyadari karakteristik tertentu dari vagina, seperti debit nya (warna, bau dan jumlah), perdarahan (aliran Anda saat haid), dan sensasi (apakah ada gatal, iritasi, bengkak atau nyeri saat berhubungan seks). Ketika terjadi masalah, karakteristik ini kemungkinan besar akan tampak berbeda dari keadaan normal mereka.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan vagina

Menimbang bahwa vagina adalah bagian dari tubuh yang kita perhatikan sangat sedikit, ada mengejutkan banyak faktor yang dapat mempengaruhi keadaan vagina dan meningkatkan risiko masalah.

Praktek seksual, tentu saja, faktor yang paling jelas. Hubungan seks tanpa kondom dapat menyebabkan infeksi menular seksual, yang menghasilkan gejala pada vagina. Luka pada daerah panggul, yang dibawa oleh kecelakaan atau pelecehan seksual, bisa menyebabkan trauma pada vagina.

Banyak produk sehari-hari dan obat-obat yang digunakan wanita juga dapat mempengaruhi vagina mereka. Misalnya, penggunaan jangka panjang antibiotik mengganggu keseimbangan antara bakteri baik dan buruk dalam vagina, meningkatkan risiko infeksi jamur vagina. Antihistamin tertentu dapat menyebabkan kekeringan pada vagina, yang membuat hubungan seksual yang menyakitkan.

Wanita digunakan untuk mendapatkan toxic shock syndrome dari menggunakan super penyerap tampon (terutama jika mereka meninggalkan mereka dalam vagina terlalu lama), meskipun hal ini kurang umum sekarang. Bahkan perangkat lahir tertentu kontrol, seperti spons diafragma atau kontrasepsi, bisa menimbulkan risiko toxic shock syndrome karena kemungkinan bakteri memasuki sistem.

Menggunakan spermisida atau cincin vagina untuk kontrasepsi juga dapat menyebabkan iritasi pada vagina.

Kehamilan dan persalinan akan menyebabkan perubahan yang jelas untuk vagina. Selama kehamilan, jumlah cairan yang keluar dari vagina akan meningkat, meskipun tidak ada perdarahan menstruasi.

Kemudian, saat melahirkan, ada kemungkinan besar akan robeknya vagina. Beberapa wanita mungkin perlu episiotomi (luka kecil yang dibuat dalam jaringan antara pembukaan vagina dan anus) saat melahirkan, yang memiliki masa pemulihan yang lama.

Persalinan, menopause dan bertambahnya usia menyebabkan otot-otot vagina menjadi lemah dan kurang "elastis" - seperti yang akan kita lihat nanti, hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah serius.

Vagina memainkan peran sentral dalam memastikan kesenangan wanita saat berhubungan seks. Sayangnya, faktor-faktor tertentu dapat mengurangi pelumasan pada vagina, menyebabkan seks menyakitkan. Hormon adalah salah satu faktor - estrogen tingkat mengurangi setelah melahirkan, selama menyusui dan setelah menopause, yang menyebabkan lapisan dinding vagina menjadi lebih tipis, membuat seks menyakitkan.

Umum vagina masalah

Di atas daftar masalah vagina umum infeksi menular seksual, termasuk kutil kelamin, sifilis dan herpes genital. Infeksi ini menyebabkan gejala seperti keluar cairan yang abnormal dan luka pada daerah genital, sehingga mengawasi keluar untuk perubahan debit dan alat kelamin.

Infeksi dan perubahan dalam keseimbangan normal bakteri juga dapat menyebabkan vagina menjadi meradang (suatu kondisi yang disebut vaginitis).

Peradangan bisa disebabkan oleh vaginosis bakteri (pertumbuhan abnormal bakteri yang biasanya hadir dalam vagina), infeksi ragi (yang disebabkan oleh jamur yang disebut Candida albicans) atau trikomoniasis (yang disebabkan oleh parasit). Sekali lagi, melihat ke vagina untuk petunjuk, serta gatal atau nyeri di daerah.

Masalah vagina juga dapat dihubungkan dengan masalah seksual. Jika Anda mengalami nyeri di daerah genital selama penetrasi atau setelah berhubungan seks, ini adalah tanda kuat bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam vagina.

Prolaps vagina adalah kondisi umum yang terjadi pada wanita yang telah melalui persalinan. Hal ini terjadi ketika otot-otot dasar panggul yang lemah dan menjadi kurang mampu mendukung rahim, kandung kemih atau rektum. Ketiga organ dapat tergelincir ke dalam vagina, dan dalam kasus-kasus serius, menyebabkan vagina untuk menonjol keluar dari tubuh.

Masalah kurang umum adalah kista di vagina atau kanker. Tanda-tanda dan gejala, termasuk nyeri saat berhubungan seks, perdarahan setelah berhubungan seks atau menopause, dibagi oleh kondisi lain juga, sehingga Anda harus selalu mendapatkan mereka diperiksa oleh dokter Anda.

Perawatan untuk vagina

Wanita mendapatkan manikur untuk tangan dan pedikur untuk kaki mereka, tapi hampir tidak luangkan waktu untuk berpikir tentang vagina mereka sampai ada sesuatu yang salah. Kita harus mengubah sikap ini dan menjadi lebih proaktif dalam melindungi kesehatan vagina kita.

Salah satu langkah yang paling penting dan mendasar adalah untuk berlatih kebersihan pribadi yang baik. Jaga area genital Anda bersih dan tidak menggunakan sabun wangi atau douches. Anda juga harus menghindari semprotan feminin dan tampon wangi.

Praktikkan seks aman dengan menggunakan kondom. Keputusan terbaik adalah untuk tinggal di suatu hubungan yang saling monogami dengan pasangan Anda, sehingga tidak ada risiko infeksi menular seksual.

Vaksinasi dapat membantu melindungi kesehatan vagina juga. Vaksin HPV melindungi Anda dari infeksi oleh human papillomavirus, yang dapat menyebabkan kanker serviks dan genital warts. Hepatitis B vaksinasi melindungi Anda dari infeksi hati yang dapat menyebar melalui kontak seksual.

Memperkuat otot dasar panggul Anda dengan latihan Kegel - kencangkan otot-otot panggul Anda seolah-olah Anda sedang menghentikan aliran urin, setidaknya tiga set 10 repetisi per hari. Ini akan membantu untuk mencegah rahim dari runtuh ke dalam vagina.

Yang paling penting, mengenal vagina. Dengan cara ini, Anda akan peka terhadap setiap perubahan yang terjadi, apakah itu disebabkan oleh infeksi, obat yang Anda ikuti, atau beberapa kondisi yang mendasarinya lainnya.

Jangan malu atau malu untuk berbicara dengan dokter Anda tentang kesehatan vagina Anda - itu menjadi bagian dari Anda sebagai organ lain atau anggota tubuh dalam tubuh Anda.

Admin http://campurseo.blogspot.com/

Judul: Memperhatikan Kesehatan Vagina; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5
Anda sedang membaca artikel tentang Memperhatikan Kesehatan Vagina dan anda bisa menemukan artikel Memperhatikan Kesehatan Vagina ini dengan url http://campurseo.blogspot.com/2012/10/memperhatikan-kesehatan-vagina.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Memperhatikan Kesehatan Vagina ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Memperhatikan Kesehatan Vagina sumbernya.